-->

VLAN ID (untuk kls XI TKJ)

ADMINISTRASI

INFRASTRUKTUR

JARINGAN

 

VLAN ID

Pada subbad sebelumnya, anda telah mengenal pentingnya teknologi VLAN dalam dunia jaringan dan bagaimana cara kerja Switch itu sendiri Ketika mentransmisikan setiap port terminal dalam perangkatnya.



Gambar Konsep VLAN

Dengan membangun VLAN, meskipun secara fisik sama, tetapi sebenarnya secara logika dan virtual sudah berbeda jaringan. Perhatikan gambar Konsep VLAN.

Pada ilustrasi gambar tersebut, anda melihat bahwa terdapat empat computer, yaitu PC0, PC1, PC2 dan PC3 yang secara fisik terkoneksi dengan sebuah Switch. Namun jika anda perhatikan secara mendalam anda melihat bahwa PC0 dan PC1 terkoneksi secara virtual dalam sebuag grup VLAN 1 yang tidak dapat terhubung dengan PC2 dan PC 3 (VLAN2. Secara default pada Catalys Cisco terdapat lima VLAN ID, yaitu VLAN 1, 1002,1003,1004 dan 1005.

Perhatikan Gambar dibawah




Pada Vlan 1, semua port fisik yang terdapat pada switch akan didaftarkan dalam kategori VLAN ini. Oleh karena itu , jika ada broadcast data dari salah satu port , misalnya port Fa0/2 menuju sebuah computer maka oleh switch akan di broadcast ke semua port  kecuali port asal pengirim.

Sekarang menjadi pertanyaan adalah apakah VLAN ID tersebut? Mungkin menjadi tandatanya bagi seorang yang baru berkenalan dengan teknologi jaringan tingkat lanjut. Begitu juga VLAN ID digunakan sebagai pengenal atau alamat utama dalam menghubungkan beberapa sub jaringan atau computer dalam sebuah jaringan local.

1.      Tipe normal

Tipe normal memiliki range ID antara 1 sampai 1005, dengan kecenderunagn penerapanannya pada sisi customer network skala kecil dan menengah. Dari rentang ID 1-1005, hanya range ID 1-1001yang dapat digunakan sebgai penomoranVLAN ID. Hal tersebut dikarenakan range 1002  sapai 1005 di fungsikan untuk jaringan berbasis token ring atau FDDI. Pada cisco catalyst, secara default akan memiliki VLAN ID 1,1002,1003,1004, dan 1005 yang tercatat dalam sebuah file bernama vlan.dat yang tersimpan dalam flash memory  dan Vlan ini tidak dapat dihapus.

2.      Tipe Extended

Tipe Extended memiliki range ID antara 1006 sampai 4094 biasanya, VLAN dengan ID ini sering digunakan dalam membedakan cakupan wilayah VLAN jaringan. Dengan demikian sangat cocok diterapkan pada ISP atau perusahaan provider jaringan. Berbeda dengan tipe normal , jenis extended akan tersimpan dalam memory RAM (pada perangkat switch disebut dengan NVRAM).


SILAHKAN UNTUK PERTANYAAN 
KOMEN DI BAWAH INI

3 Responses to "VLAN ID (untuk kls XI TKJ)"

  1. Knp vlan secara fisik sama tapi secara logika dan virtual beda ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba perhatikan PC0 dan PC1 terkoneksi secara virtual, coba perhatikan lagi

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel