-->

Tipe VILAN (Administrasi Insfrastruktur Jaringan)

 Tipe  VILAN (Administrasi Insfrastruktur Jaringan)


TIPE VLAN

Pada subbab VLAN ID, anda telah mengenal jenis-jenis identitas VLAN yang kelak akan digunakan untuk membangun virtual LAN pada sebuah jaringan. Pada subbab ini, anda akan mempelajari tentang tipe VLAN beserta implementasinya dalam sebuah virtual jaringan sehingga memudahkan anda dalam melakukan konfigurasi peranti Switch serta memberikan pemahaman lebih mendalam tentang jenis transmisi data yang mengalir dalam jaringan. Ada beberapa jenis atau tipe VLAN saat ini.

1.      Default VLAN

Tipe ini merupakan jenis  VLAN yang secara default telah tercatat dan tersedia dalam Database VLAN perangkat Cisco Catalys

2.      Data VLAN dan Voice VLAN

Tipe ini sangat berguna  sekali Ketika anda memiliki beberapa perangkat keras jaringan yang berbeda teknologi. Contohnya Ketika anda mengoneksikan system VoIP dalam jaringan, diperlakukan beberapa tipe perangkat berbeda seperti telepon (perangkat berbasis voice) dan terminal computer (berbasis data) karena karakteristik dan prioritas pengiriman data tidak tercampur dan proses transmisi berjalan dengan baik.



Gambar 1.10 VLAN data dan voice

1.      Native Vlan

Konsep Native VLAN adalah sebagai penentu bahwa sebuah data yang di transmisikan melewati switch melalui interface trunk memerlukan informasi tambahan berupa VLAN ID atau tidak. Sebagai catatan bahwa setiap data yang dikirimkan jika berasal dari default VLAN dengan ID 1, dianggap sebgai native VLAN sehingga tidak perlu dicantumkan atau di-tag VLAN ID nya namun kondisi tersebut tidak berlaku jika sebuah data yang ditransmisikan  berasal dari VLAN ID bukan 1. Sebagai contoh VLAN ID 30 ketika melewati interface trunk switch, data tersebut akan ditambahkan informasi VLAN ID. Jadi, simpulnya adalah bahwa data yang dilewatkan melalui trunk switch tidak akan diberikan informasi tambahan VLAN ID jika data tersebut berasal dari VLAN ID 1 atau native VLAN.



Gambar 1.11 Native VLAN

1.      Management VLAN

Managemen VLAN adalah konsep Ketika dapat menggunakan port VLAN sebagai jalur akses melakukan konfigurasi switch. Pada prinsifnya, switch yang bekerja pada layer 2 (data link) tidak dapat anda berikan konfigurasi alokasi pengalamatan IP address pada salh satu port nya, yaitu pada interface VLAN 1 dengan tujuan agar dapat dilakukan remote akses seperti telnet da SSH seperti.

Jika anda memperhatikan secara seksama pada Gambar 1.11, ada beberapa titik akses yang menjadi interface antara switch dengan perangkat lain seperti terminal computer atau perangkat router.




Gambar 1.12 mode port switch

Teknik penamaan mode port switch mengacu pada jenis perangkat yang terhubung dengan interface port switch, perhatikan Gambar 1.12.

1.      Pada switch S1 port Fa0/1 dan Fa0/2 disebut sebgai mode part access. Karakteristik utama dari mode port ini adalah jika terhubung dengan end device seperti computer, telepon, dan server

2.      Adapun pada switch S1 port Fa0/3 ,S2 port 0/3, dan Fa0/1 disebut dalam mode port trunk karena terhubung dengan router dengan catatan interface tersebut digunakan untuk sub-interface dalam sebuah inter-VLAN Routing.

Pada saat melakukan konfigurasi port switch Cisco Catalys, anda dapat mengaturnya menjadi lima macam antara lain sebagai berikut.

a.       Access

b.      Trunk

c.       Dynamic auto

d.      Nonegotiate

Dari kelima jenis mode port switch tersebut, sebenarnya anda dapat kelompokkan menjadi dua kategori, yaitu mode port static yang terdiri atas tipe access, trunk, dan nonegoitiate, serta mode port dinamis atau DTP yang terdiri atas dynamic auto dan dynamic desirable..


-= UNTUK PERTANYAAN BOLEH KLIK DIBAWAH=-


1 Response to "Tipe VILAN (Administrasi Insfrastruktur Jaringan)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel