-->

Materi Administrasi Infrastruktur Jaringan "Load Balancing" Tentang Metode Load Balancing Kelas XII TKJ

Administrasi Infrastruktur Jaringan Load Balancing

Tentang  “Metode Load Balancing”

 

B. Metode Load Balancing

Ada beberapa jenis mekanisme yang anda dapat pilih untuk menerapkan Teknik load balancing pada MikroTikOS antara lain :

1.      ECMP (Equal Cost Multi Path)

2.      PBR (Routing Base Routing)

3.      NTH

4.      PCC (Per-Conection Classifier)

5.      Bonding

6.      Bandwidth Based Load Balancing (MPLS RSVP-TE Tunels)

Setiap Teknik pembuatan load balancing memiliki karakteristik yang berbeda. Hal tersebut dapat dilihat pada table perbandingan karakteristik berdasarkan metode load balancing berikut:

Gambar perbandingan tabel karakteristik berdasarkan metode load balancing

Bagaimana setiap karakteristik setiap metode dalam pembuatan konfigurasi load balancing? Berikut adalah konsep kerja masing-masing metode load balancing.

1.    Per-packet Load balancing

Pada metode ini, router akan mengirimkan dan mendistribusikan paket-paket data dari computer klien melalui link yang tersedia pada router tanpa memperhatikan kualitasnya. Metode ini juga tidak melihat asal komunikasi data, baik dari sumber pengirim yang sama maupun masih dalam satu sesi komunikasi. Setiap paket data akan di pisahkan berdasarkan urutannya. Kemudian didistribusikan pada link-link router. Akibatnya sebuah sesi komunikasi yang dibangun oleh klien dengan terminal ekternal akan melewati lebih dari satu link. Kecenderungan pengiriman paket yang dipecah berdasarkan urutan ndan didistribusikan ke setiap link router ini dapat menyebabkan paket data tidak sampe tujuan secara bersamaan yang mengakibatkan internet menjadi terasa lambat.

Gambar Per-Packet load balancing

1.    Per-conection Load Balancing

Pada jenis metode ini, kekurangan muncul dari metode per-packet load balancing diperbaiki. Setiap packet sebelumnya telah di pisahkan berdasarkan urutan, oleh router akan di perhatikan asal pengirimnya dan dianalisis urutan packet datanya, yaitu masih merupakan satu sesi komunikasi atau tidak, jika ternyata masih satu sesi komunikasi, akan dilewatkan pada link ISP yang sama. Bagaimana jika satu waktu, sebuah computer dengan alamat pengirim yang sama sedang mengakses beberapa website? Router akan mengecek pengiriman paket data, yaitu dapat dikirim melewati ISP A atau ISP B dan paket data yang berada dalam satu sesi komunikasi tetap secara utuh dikirim melewati link ISP yang sama.

2.    Per-Address pair  Load Balancing

Konsep utama dari metode per address pair load balancing adalah melewatkan paket data yang dikirimkan oleh klien melalui router berdasarkan IP address pengirim bersamaan IP address tujuan. Berdasarkan dengan dua metode sebelumnya, paket data akan disebarkan melewati link ISP yang sedang aktif. Metode ini akan melihat bahwa sebuah pengirim sedang melakukan akses kepada alamat tujuan yang sama atau tidak. Jika benar, berapa pun jumlah sesi yang dijalin, selama data berasal dari IP yang sama dengan tujuna yang sama, akan dikirimkan secara tetap melalui link sebuah ISP. Namun, jika sumber pengirim atau alamat tujuan berbeda, bisa jadi akan dikirimkan melalui link lainnya.

Gambar Per-Conectioan  Laod Balancing


0 Response to "Materi Administrasi Infrastruktur Jaringan "Load Balancing" Tentang Metode Load Balancing Kelas XII TKJ"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel