-->

Tunneling " Administrasi Infrastruktur Jaringan" Kelas XII

 ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN

TUNNELING

 

Tahukah anda yang dimaksud dengan tunneling? Sebenarnya dalam materi pelajaran setting VPN. Tunneling adalah sebuah jalur khusus yang diciptakan untuk menyediakan sambungan komunikasi antar perangkat yang memiliki jaminan keamanan tinggi dengan dukungan enkripsi data serta proses enkapsulasi. Sementara itu, istilah tunneling adalah proses pembuatan tunel dan aturan pengiriman data melalui tunneling. Salah satu contoh teknologi tunneling adalah VPN atau virtual privat network


ISP Country

IP Local : 192.168.1.1

PPTP Local IP : 172.16.36.26

Gambar: proses tunneling pada youtube.com


Perhatikan gambar ilustrasi tentang Teknik bypass pemblokiran situs youtube.com dengan mengaktifkan teknologi tunneling melalui protocol VPN. Ketika ada user di-deny aksesnya ke situs youtube.com melalui jalur internet (sebagai contoh ada firewall yang menolak setiap request)

1.        Istilah SSH Tunneling ini cukup popular dikalangan para haker, sebagai Langkah yang terbilang sangat episien untuk mengelabui system firewall jaringan, jika terjadi pemblokiran akses ke situs tertentu. Kebanyak situs dunia telah menggenarasi situs URL dari HTTP menjadi HTTPS karena lebih cepat dan aman. HTTPS merupakan protocol HTTPyang berjalan dengan mode SSL atau sering disebut dengan HTTP over SSL ( Source Socket Layer). SSL dan SSH adalah contoh jenis protocol tunneling karena dapat digunakan untuk mendukung proses transmisi data apapun. SSL menggunakan public keycertificate dengan format X.509 yang harus diverifikasi dengan certificate Authority secara legal. Sementara itu, SSH tidak melakukan fitur tersebut sehingga lebih sederhana.

2.        IPSec

Selain tunneling dengan SSH. Anda juga dapat menerapakan tunneling dengan IPSec. IPSec atau kependekan dari IPSecurity merupakan protocol tunneling yang digunakan untuk membentuk aturan pengamanantransmisi data gram dalam sebuah jaringan yang berbasis protocol TCP/IP. Protocol IPsec telah menerapakan standar dalam pengenkripsian data serta integrasi data pada layer dua model referensi DARPA, yaitu layer internetwork. Setelah dienkripsi, data akan dikirim melalui jalur tunel sehingga kecil kemungkinan terjadi penyadapan data. Untuk melakukan praktik, anda akan membangun koneksi IPSecdengan strongSwan, tetapi dengan catatan bahwa topologi yang digunakan berbeda dengan sebelumnya.

 

Jika ada pertanyaan boleh tulis komen dibawah ini


0 Response to "Tunneling " Administrasi Infrastruktur Jaringan" Kelas XII"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel